Minggu, 19 Juli 2015

Tangan Putus Dicangkokkan ke Kaki untuk Disambungkan Kembali

Tangan Putus Dicangkokkan ke Kaki untuk Disambungkan Kembali


Beginilah cara dokter di China mencangkokkan tangan yang putus ke kaki pasiennya, agar tetap mendapat pasokan darah lalu disambungkan kembali.


Dokter telah melakukan operasi yang luar biasa untuk menyimpan potongan tangan manusia dengan mencangkokkan ke kakinya. Tangan pria itu berhasil dicangkokkan kembali ke pergelangan tangannya setelah satu bulan, ketika saraf dan tendon telah sembuh dari trauma.
Operasi langka dilakukan di sebuah rumah sakit di Changsha, ibukota Provinsi Hunan di China tengah.

Seorang pria yang tangan kiri putus akibat kecelakaan kerja telah itu dicangkokkan pada kakinya selama satu bulan.
Hal ini dilakukan untuk memberikan tangan yang putus itu agar tetap memperoleh aliran darah sehingga tetap hidup dan berkembang sampai saraf dan tendon di pergelangan tangan si pasien sembuh.


Pria ini tangan kiri putus akibat kecelakaan kerja lalu dicangkokkan sementara pada kakinya selama satu bulan. Agar tangan yang putus itu tetap mendapat pasokan darah hingga saraf dan tendon di pergelangan tangannya sembuh.


Peristiwa itu terjadi ketika seorang pekerja pabrik bernama Zhou, tangan kirinya terpotong oleh mesin pisau putar dalam kecelakaan kerja. Korban dialrikan ke Rumah Sakit Xiangya di Changsha, untuk mendapatkan pertolongan dokter. situasinya.

Dr Tang Juyu, kepala bedah mikro di rumah sakit, memutuskan ia bisa memberikan Zhou kesempatan untuk 'menghidupkan kembali' tangannya yang putus melalui sebuah operasi.
Tim dokter itu sudah berhasil melakukan operasi dengan kasus yang sama pada tahun 2013.



Karena lengan Zhou putus, maka dokter tidak dapat menyambungkan kembali karena harus menunggu pemulihan saraf saraf dan tendon yang membutuhkan waktu.
Oleh karena itulah, Dr Tang dan timnya memutuskan untuk mencangkokkan tangan kiri Zhou pada pergelangan kaki kanannya.

Setelah operasi sukses untuk memasang kembali tangan (foto), Zhou kini mampu bergerak jarinya sedikit demi sedikit. Dalam waktu itu berharap ia akan mendapatkan kembali fungsi penuh tangannya.

Dr Tang menjelaskan: "Di bawah suhu normal, jari terputus perlu mendapatkan pasokan darah dalam waktu 10 jam, namun waktu yang lebih pendek untuk anggota tubuh terpisah. Jika anggota tubuh pendek darah terlalu lama, jaringan mati dan itu akan bisa diselamatkan.'


Setelah operasi sukses untuk memasang kembali tangan pasien, Zhou kini sudah mampu bergerak jarinya sedikit demi sedikit. Dalam waktu itu berharap ia akan mendapatkan kembali fungsi penuh tangannya secara penuh. Kemudian Dr Tang dan timnya sekarang telah berhasil disambungkan ke lengannya dalam operasi 10 jam.


Menurut Dr Tang, Zhou kini mampu menggerakkan jari sedikit, tapi ia masih perlu banyak rehabilitasi sebelum mendapatkan kembali penuh penggunaan tangannya.


Berita ini muncul setelah MailOnline pernah membuat laporan pemberitaan terhadap Xiao Wei, yang tangan kanannya putus akibat kecelakaan di tempat kerja.


Pada tanggal 10 November 2013 dokter di sebuah rumah sakit di Changde, juga di Provinsi Hunan, berhasil disambungkan tangan pria itu setelah itu melekat pergelangan kaki selama satu bulan. Pria itu memiliki hidung yang tumbuh di kepalanya siap untuk ditransplantasikan. (priyo suwarno)



jangan lupa baca artikel lain nya :

Mendengkur, Gejala Awal Diserang Penyakit

0 komentar:

Posting Komentar